Gaya Hidup

Mau Liburan tapi Uang Habis Melulu? Kamu Harus Coba Cara Ini!

Buat kamu yang udah butuh banget liburan, pasti pengin bisa langsung berangkat. Tapi pasti mumet, ya, mikirin dananya? Uang tabungan ada aja kepakenya yang bikin rencananya jadi gagal terus. Ya, memang pekerjaan mengatur keuangan itu susah-susah gampang. Tapi tetap harus dilakukan agar kondisi keuangan kamu tetap sehat sembari tetap bisa mewujudkan apa yang kamu inginkan. Namun, tidak semua orang mau mengikuti aturan sehingga membuatnya gagal di tengah jalan. 

Tapi mungkin, jika motivasinya adalah untuk liburan atau traveling, kamu jadi lebih semangat mengatur keuangan kali, ya? Karena itu, CROWDE punya tips gimana caranya untuk mengatur keuangan, biar rencana kamu bisa terwujud. Simak, yuk!

Sisihkan Gaji dari Awal Punya Rencana Liburan

Sama seperti kamu punya rencana beli rumah, pendidikan atau lainnya. Jika memang sudah ada rencana, mulai hitung berapa total pengeluarannya. Setelahnya, hitung juga berapa kira-kira dana yang harus disisihkan dari gaji. Dengan begitu, rencana kamu aman terkendali karena kamu sudah mengatur uangnya. Berapa yang bisa disisihkan dari gaji? Kebanyakan orang menyisihkan sekitar 10% dari gaji untuk dana liburan.

Cari Tiket Pesawat saat Musim Promo

Mau liburan ke dalam maupun luar negeri, tetap usahakan mencari tiket saat sedang masa promo. Karena biasanya, yang paling mahal itu adalah biaya transportasi, termasuk salah satunya tiket pesawat. Promo tiket pesawat dari kartu kredit, atau event promo bisa dimanfaatkan dengan baik. Kan jadi lumayan, mendapat tiket pesawat dengan harga murah!

Pilih Penginapan yang Murah dan Pesan dari Jauh-jauh Hari

Traveling atau liburan kan niatnya mencari pengalaman baru dan juga refreshing pikiran. Hotel mahal sepertinya tidak masuk dalam hitungan karena sebagian besar waktu kamu akan habis di luar, melihat pemandangan, melakukan aktivitas atau hunting foto-foto kece untuk di Instagram. Jadi, daripada hotel yang mahal, lebih baik hotel yang nyaman, supaya kamu bisa beristirahat dengan tenang. Dan pastinya, keuangan aman terjaga.

Buat Itinerary yang Jelas dan Lengkap

Jauh sebelum berangkat, buat dulu itinerary perjalanan yang jelas dan lengkap. Membuat itinerary dari jauh-jauh hari memperkecil kemungkinan kamu dan teman liburanmu jadi buang-buang uang untuk sebuah rencana yang gak penting atau mengunjungi wahana wisata yang mungkin terlalu mahal. Gak apa-apa kok silang pendapat atau mahal bertengkar dengan teman saat membuat itinerary ini, karena tujuannya kan supaya liburan kamu tetap efektif dan menyenangkan, dengan tidak membuang terlalu banyak biaya. Yang penting, semuanya senang~

Koper atau Ransel? Tentukan dari Sebelum Liburan

Coba lihat keuanganmu, lebih nyaman bepergian dengan tingkat kenyamanan tinggi (koper) atau cocoknya backpacker-an aja (ransel)? Jangan memaksakan diri, ya. Karena salah-salah nanti, keuangan kamu jadi berantakan. Niatnya pergi untuk menyegarkan diri, yang ada malah pusing karena harus berhutang demi mendukung kemauan mahal versi kamu. Menyesuaikan dengan kondisi keuangan tidak berarti membuat liburan yang membosankan, kok. Kamu tetap bisa menikmati liburan yang menarik dengan budget yang terjaga.

Itu dia 5 tips singkat yang semoga bermanfaat buat kamu yang memang lagi membuat perencanaan keuangan sebelum liburan. Yang terpenting sebenarnya gimana kita bisa menahan diri untuk tidak melakukan pengeluaran tidak penting saat liburan, terutama waktu belanja oleh-oleh. Kamu punya tips terkait manajemen keuangan jelang liburan? Boleh lho dibagi-bagi.

Selamat liburan!

Baca juga: 5 Destinasi Wisata Ini Bikin Sawah Naik Kelas

0 comments on “Mau Liburan tapi Uang Habis Melulu? Kamu Harus Coba Cara Ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *