News

Bantu Capai #ZeroHunger Mulai dari Diri Sendiri, Gimana Caranya?

Hari Pangan

Tahukah kamu apa itu SDGs? Ya, pasti sebutan ini sudah akrab di telinga kita. SDGs (Sustainable Development Goals) dicanangkan pada tahun 2015 yang ditujukan untuk menyeimbangkan tiga dimensi pembangunan berkelanjutan, yaitu lingkungan, sosial, dan ekonomi. Nah, di dalam SDGs, ada 17 tujuan pembangunan berkelanjutan, salah satunya termasuk #ZeroHunger.

Memperingati Hari Pangan Sedunia yang jatuh di tanggal 16 Oktober, bisa menjadi pengingat bahwa harus ada yang kita lakukan agar bisa mewujudkan tujuan tersebut. Karena, masalah kelaparan masih tergolong krusial di Indonesia, kenapa? Setidaknya ada lebih dari 19 juta orang di Indonesia yang berjuang dengan rasa laparnya di malam hari. Kebutuhan makan yang seharusnya 3 kali sehari, mungkin hanya bisa dipenuhi untuk 1 kali makan. Jadi wajar, aja, kalau malamnya kelaparan.  

Lantas, kita hanya tinggal diam? Ada, kok, cara yang bisa kita lakukan untuk bantu mencapai #ZeroHunger. Gimana bisa? Berikut CROWDE kasih ulasannya, simak, yuk!

Jaga ketahanan pangan

Ketahanan pangan di Indonesia bisa terwujud dengan kita selalu setia dengan produk pangan lokal. Hmm…yang impor memang lebih menarik, tapi yang lokal, kan, juga lebih aman. Kenapa? Coba, deh, sekarang kamu bayangin, apel jenis Granny Smith asal Amerika butuh waktu tiga minggu untuk bisa sampai di Indonesia. Nah, waktu pengiriman yang lama membuat apel tersebut harus dilapisi lilin fungisida dan pirazolin supaya nggak mudah busuk. Padahal, zat pengawet tersebut, kan, bisa berbahaya bagi tubuh kamu.

Nggak hanya itu, dengan mencintai produk pangan lokal dapat membuat petani kita jadi lebih semangat untuk bertani karena mereka senang bila hasil panennya bisa diterima oleh seluruh masyarakat. Semakin tinggi minat beli kita terhadap produk lokal, semakin membuat harga jual stabil, yang ujung-ujungnya buat petani makin untung. Stock dan demand bahan pangan yang seimbang mampu menjaga kestabilan produksi pangan nasional, sehingga bisa dinikmati oleh semua kalangan. Jadi, nggak ada lagi, tuh, penduduk yang menderita kelaparan.  

Meningkatkan usaha pertanian

Kontribusi sektor pertanian terhadap produk domestik bruto (PDB) pada kuartal II tahun 2020 mengalami peningkatan sebesar 15,46%. Itu menyatakan bahwa sektor pertanian juga mampu menopang perekonomian nasional. Lalu, kenapa usaha pertanian tidak terus dikembangkan? 

Usaha tani yang terus bertambah, jelas akan menambah jumlah lapangan pekerjaan di Indonesia. Data tahun 2017 menyebutkan bahwa sektor pertanian mampu menyerap tenaga kerja Indonesia sebanyak 39,68 juta jiwa. Dengan begitu, usaha pertanian yang bertambah mampu mengurangi angka pengangguran di negara kita, serta dapat meminimalisir jumlah orang yang kesulitan makan.  

Meningkatkan kemampuan para petani

Petani kita yang sebanyak 65% telah berusia di atas 45 tahun, harus diselamatkan dengan menambah jumlah petani mudanya. Sebab, petani muda dinilai lebih produktif ketimbang para petani yang sudah berusia lanjut. Itu jelas! Takutnya, nih, kalau regenerasi petani sampai mandeg, 10 tahun lagi kita jadi kesulitan pangan karena jumlah produsennya yang terus berkurang. Nggak mau itu terjadi, kan

Itu mengapa, para petani muda harus hadir dalam sektor pertanian kita, tidak hanya untuk bertani, tapi juga menciptakan inovasi agar kemampuan untuk berbudidaya jadi meningkat. Mereka dapat membantu para petani lain dengan memberikan edukasi dan pembinaan seputar pertanian inovatif yang dapat meningkatkan hasil panen sekaligus meningkatkan penghasilan petani. Jika petani sejahtera, akan semakin mudah menarik minat anak muda untuk ikut bergabung dan menyelesaikan masalah kelaparan di Indonesia. 

 

Sekarang sudah pada tau, kan, cara apa saja yang bisa kamu lakukan untuk bantu mencapai #ZeroHunger? Kira-kira dari ketiga poin di atas, mana yang paling bisa kamu lakukan? Kamu bisa memulainya dari yang mudah dulu, kok, karena yang mudah saja dampaknya bisa besar, lho! Jika kamu tertarik menjadi petani muda dengan mengembangkan usaha pertanian, kamu bisa gabung di CROWDE yang pasti akan membantu kamu. Tunggu apa lagi?

0 comments on “Bantu Capai #ZeroHunger Mulai dari Diri Sendiri, Gimana Caranya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *