Gaya Hidup Komoditas

4 Manfaat Cabai Bila Dikonsumsi Saat Buka Puasa

Manfaat cabai

Nggak kerasa udah bulan puasa lagi, ya. Nah, di sini siapa yang nggak suka makanan pedas? Cita rasa yang satu ini memang sudah melekat pada lidah orang Indonesia. Saat sedang berpuasa, mungkin kamu khawatir bila ingin mengkonsumsi makanan pedas. Padahal sah-sah saja, kok, asal tidak berlebihan. Gimana juga yang berlebih itu pasti nggak baik, kan? Ooo iya, ini adalah tahun kedua kita menjalankan ibadah puasa di tengah pandemi, jangan sampai semangat puasa kamu hilang, ya. Si corona jangan dijadikan alasan kamu untuk pamit dari bulan Ramadan. Apalagi kalau berbuka puasanya dengan makanan pedas, dijamin momen berbuka puasa kamu jadi makin nikmat. Eitss, tapi memang ada manfaatnya? Ternyata ada! Ini dia manfaat cabai bila dikonsumsi saat buka puasa. Simak, yuk!

Manfaat cabai untuk bantu melancarkan pencernaan

Pada tau nggak? Kalau sebenarnya cabai kaya akan zat gizi, lho! Sebut saja ada kandungan serat, vitamin C, vitamin A, mineral, dan antioksidan di dalamnya. Selain itu, rasa pedas dari cabai sering dituding sebagai penyebab sakit perut. Padahal kandungan capsaicin yang membuat cabai terasa pedas berguna untuk merangsang pencernaan sehingga urusan buang air besar menjadi lancar. Apalagi ketika kamu berpuasa, aktivitas gerak dan minum berkurang yang kadang membuat pencernaanmu jadi terganggu. Nah, manfaat cabai bisa mengatasi masalah tersebut. 

Bagi kamu penderita asam lambung juga perlu tahu bahwa capsaicin dalam cabai sebenarnya tidak menstimulasi pembentukan asam lambung. Tapi justru memperlancar peredaran darah dan meningkatkan produksi lendir yang dapat melindungi dinding lambung dari terjadinya kerusakan (antiinflamasi). Jadi, tidak ada salahnya mengkonsumsi makanan pedas ketika berbuka puasa asal tidak berlebihan saja.  

Yang pusing atau nggak enak badan, makanan pedas solusinya

Capsaicin pada cabai juga dipercaya bersifat analgetik yang dapat membantu mengurangi sakit kepala dan pegal-pegal. Ditambah kandungan vitamin dan mineral pada cabai juga sangat diperlukan tubuh. Coba, deh, pas kamu sedang nggak enak badan terus makan makanan pedas pasti tubuh kamu tiba-tiba menjadi lebih baik (meski tetap didukung dengan minum obat kalau mau cepat sembuh, ya). 

Manfaat cabai juga dapat meredakan pilek dan hidung tersumbat karena capsaicin dapat mengencerkan lendir sehingga rongga hidung jadi tidak tersumbat. Apalagi di awal bulan puasa seperti sekarang adalah masa-masa berat karena tubuh sedang melakukan penyesuaian ditambah waktu tidur yang berkurang. Kamu butuh asupan yang tepat agar ibadah puasa berjalan lancar. Nah, jangan lupa konsumsi makanan pedas ketika berbuka puasa nanti!    

Bikin makan makin lahap ketika berbuka puasa

Lidah orang Indonesia yang sangat akrab dengan rasa pedas membuat cabai menjadi bahan pangan utama yang harus ada di setiap hidangan makanan. Kesukaan kamu terhadap makanan pedas menjadikanmu lebih antusias (lahap) ketika sedang makan. Sehingga tidak ragu untuk menambah porsi makan. Selain itu, manfaat cabai dapat merangsang produksi hormon endorphin yang mampu membangkitkan rasa nikmat sehingga nafsu makan jadi bertambah. Dijamin kamu nggak bakal kehilangan nafsu makan jika sedang mengkonsumsi makanan pedas. Apalagi saat berpuasa, kamu harus segera me-recovery tubuh kamu ketika berbuka dengan memenuhi asupan gizi harian. Nah, konsumsi makanan sehat seperti sayur jadi nggak males, kan, kalau dimakannya bareng sambal?

Yang sedang diet bikin nggak takut makan banyak

Menurut penelitian yang diterbitkan oleh Chemical Senses tahun 2012 menemukan bahwa makanan pedas ternyata bisa mengurangi keinginan seseorang untuk mengkonsumsi makanan dengan rasa manis dan berlemak. Jadi, cocok banget buat kamu yang lagi diet. Selain itu, kandungan capsaicin pada cabai juga mampu menurunkan berat badan dan meningkatkan metabolisme tubuh sehingga proses pembakaran kalori menjadi lebih baik. Makanya nggak heran, ketika kamu mengkonsumsi makanan pedas tubuh akan mengeluarkan keringat lebih banyak. Penelitian juga menyebut bahwa mereka yang terbiasa mengkonsumsi makanan pedas mengandung cabai memiliki risiko lebih kecil untuk terkena penyakit jantung dan aterosklerosis.

Nah, ternyata mengkonsumsi makanan pedas mengandung cabai sehabis puasa ada manfaatnya, kan? Asal tidak berlebihan pasti tidak akan berdampak buruk. Meski harga cabai sekarang lagi mahal, kita tetap saja mencarinya. Tenang, petani CROWDE tetap memproduksinya, kok, di lahan agar stok cabai nasional tidak menipis dan konsumen tidak terus menjerit. Semua pasti senang kalau harga cabai kembali menang. Jika kamu ingin ikut serta menambah ketersediaan komoditas cabai di Indonesia bisa gabung di sini! Jadi petani cabai nggak sulit, kok, apalagi ada CROWDE yang mendampingimu. Yuk, #bersamapetani lain selamatkan harga cabai!

Baca juga: Langkah-Langkah Menanam Cabai Bagi Pemula (Part 1)

0 comments on “4 Manfaat Cabai Bila Dikonsumsi Saat Buka Puasa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *